Senin, 30 April 2012

Pidato Tentang Kedisiplinan




Assalamualaikum Wr.Wb.
Yang terhormat Bapak/Ibu guru dan rekan-rekan sekalian yang saya sayangi. Pertama-tama saya ucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya pagi ini. Adapun topik yang akan saya sampaikan adalah mengenai merosotnya tingkat kedisplinan masyarakat.
Sebagaimana kita ketahui, kedisiplinan itu memegang peranan penting dalam setiap sisi kehidupan. Mulai dari lingkup terkecil, yaitu dalam kehidupan rumah tangga sampai ke lingkup terbesar, yaitu kehidupan berbangsa atau bernegara. Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas bagaimana tingkat kedisiplinan masyarakat kita pada umumnya.
Sebagai contoh dapat kita perhatikan rendahnya tingkat kedisiplinan dalam berlalu lintas dijalan. Dimana dengan mudahnya kita sering melihat orang mengendarai kendaraan secara serampangan atau ugal-ugalan tanpa memperhatikan rambu lalu lintas dan keselamatan orang lain, atau orang menyeberang jalan tidak pada tempat yang disediakan dan dapat membahayakan dirinya sendiri. Contoh lain yang bisa kita perhatikan, bagaimana dengan mudahnya orang membuang sampah sembarangan walaupun telah disediakan tempat sampah. Atau dengan mudahnya pula kita bisa melihat orang seenaknya merokok ditempat umum walaupun telah ada peraturan daerah yang melarang orang untuk merokok di tempat umum. Rendahnya kesadaran masyarakat terhadap kedisiplinan tersebut disebabkan lemahnya fungsi pengawasan dan tidak adanya sanksi yang memberikan efek jera.
Bapak/Ibu Guru dan rekan-rekan sekalian, kalau kita perhatikan, sudah cukup banyak peraturan yang dibuat untuk menertibkan masyarakat. Hal tersebut menunjukkan bahwa kedisiplinan itu sangat diperlukan, tapi tampaknya menegakkan kedisiplinan itu sendiri bukan merupakan upaya yang mudah. Namun demikian, upaya penegakkan kedisiplinan tetap harus dilakukan.
Demikian sedikit pandangan saya mengenai tingkat kedisiplinan masyarakat dan semoga dengan ini kita dapat memulainya dari diri kita sendiri.
Wassalamualaikum Wr. Wb.


0 komentar:

Template by : Galang G3rs Blog